Kamis, 02 September 2010

TentaNg TKJ( teknik KoMpuTer JariNgan )

Teknik Komputer dan Jaringan atau yang biasa disebut saja dengan TKJ telah berdiri sejak tahun 2005. Di tahun tersebut, SMKN 2 Temanggung juga membuka berbagai jurusan baru lainnya diantaranya; tata busana dan tata boga(resto. )DI SMKN 2 Temanggung, jurusan TKJ ini merupakan jurusan yang baru didirikan. Dan SMKN 2 Temanggung merupakan sekolah pertama di Temanggung yang membuka jurusan TKJ ini, dan kemudian diikuti oleh sekolah lainnya. Saya adalah generasi kedua dari jurusan TKJ ini setelah generasi pertama yang di dalamnya beranggotakan Anas Arifudin dkk.

tanggapan para guru di SMK n 2 Temanggung berbeda-beda. menurut informasi yang telah kami peroleh dari beberapa sumber, yakni dari para siswa, pegawai TU dan tentunya juga dari beberapa tenaga pengajar di SMK N 2 Temanggung memiliki tanggapan yang berbeda-beda.maklum lah, sebagai SMK Negeri yang dulunya bernama SMEA masih jarang terlihat pelajar bercelana panjang(pelajar cowok masih langka).tentunya dengan adanya hal tersebut menjadikan suasana kelas pada khususnya dan lingkungan sekolah pada umumnya menjadi berubah. Saat kelas didominasi oleh kaum wanita,(maksimal hanya ada lima sampai enam siswa putra) lingkungan kelas sangat berbeda dengan saat sekarang ini sejak adanya jurusan TKJ. tidak tahu mengapa jadi banyak pelajar laki-laki yang berminat mendaftarkan diri ke SMKN 2 Temanggung, khususnya jurusan TKJ. mungkin karena alasan bahwa jurusan TKJ adalah salah satu jurusan di SMK yang mengarah pada teknik(teknik komputer dan jaringan). Lihat saja setiap sekolah yang membuka jurusan teknik pasti siswanya kebanyakan laki-laki seperti SMK Dr. Sutomo, SMK Muhamadiyah, dsb.

Dari keadaan yang demikian itu, beberapa guru menyimpulkan bahwa siswa-siswa TKJ merupakan siswa yang badung, ramai karena didominasi oleh laki-laki yang sifatnya lebih agresif daripada kaum hawa.siswa TKJ berbeda dengan siswa-siswa di jurusan yang lain(sekretaaris, akuntansi, penjualan, dsb).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar